Berliana, Juwita (2024) SKRIPSI : KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SAYUR HIDROPONIK DI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.
![]() |
Text
Cover_JuwitaBerlianaMS_20754013 - juwita berlianams.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
Ringkasan_JuwitaBerlianaMS_20754013 - juwita berlianams.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
Bab1&2_JuwitaBerlianaMS_20754013 - juwita berlianams.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
DaftarPustaka_JuwitaBerlianaMS_20754013 - juwita berlianams.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
Fullteks TA_JuwitaBerlianaMS_20754013 2 - juwita berlianams.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Turnitin_JuwitaBerlianaMs_20754013 - juwita berlianams.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Laju pertumbuhan penduduk yang meningkat dapat menyebabkan kebutuhan pangan meningkat pula untuk keberlangsungan hidup. Pada masyarakat, pola hidup sehat menjadi salah satu ukuran standar kualitas. Pola hidup sehat dapat dimulai dari mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran hidroponik yang memiliki kandungan bebas dari pestisida maupun bahan kimia lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen sayuran di swalayan Kota Bandar Lampung dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian sayuran hidroponik di swalayan Kota Bandar Lampung. Metode penelitian menggunakan analisis data kualitatif dan kuanatitatif. Penelitian ini dilakukan di 3 cabang Chandra di Bandar Lampung yaitu, Chandra Super Store Tanjung Karang, Chandra Super Store Antasari, dan Chandra Mart Wayhalim. Proses pengambilan keputusan ini menggunakan Accidental Sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 responden, kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui karakteristik konsumen sayuran hidroponik di Bandar Lampung dan menentukan proses pengambilan keputusan konsumen. Analisis Logistik Biner digunakan untuk melihat faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian sayuran hidroponik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa proses pengambilan keputusan konsumen dilakukan dengan beberapa tahapan yang pertama yaitu: 1) Pengenalan kebutuhan, berdasarkan motivasi pembelian dan konsumsi sayur konsumen berdasarkan kebutuhan, indikator manfaat berdasarkan pemenuhan gizi terjamin. 2) Pencarian informasi, indikator mendapatkan informasi berdasarkan keluarga, kerabat, teman. 3) Evaluasi alternatif, indikator pertimbangan pembelian sayuran hidroponik deiperoleh pertimbangan manfaat dan konsumen sebelumnya sudah mengonsumsi sayuran hidroponik. 4) Keputusan pembelian, berdasarkan indikator pembelian dalam satu bulan sebanyak 2 kali, dan sudah direncanakan, konsumen juga akan melakukan pembelian secara berulang. 5) Pasca Pembelian, pasca pembelian konsumen konsumen telah mengkonsumsi selama 1 tahun dan merasa puas selama mengkonsumsi sayuran hidroponik serta untuk harga yang ditawarkan sepadan dengan manfaat. Berdasarkan hasil analisis faktor cita rasa dan kualitas berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sayuran hidroponik di Bandar Lampung, dan variabel harga dan kemasan tidak berpengaruh terhadap pembelian sayuran hidroponik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D4 Prodi Agribisnis Pangan Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D4 Prodi Agribisnis Pangan |
Depositing User: | mrs Retno Triastika |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 02:35 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 02:35 |
URI: | http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/5932 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |