TA : PROSEDUR PELAYANAN RESERVASI TIKET PENERBANGAN MELALUI TELEPON DI PT PATIH INDO PERMAI TOUR AND TRAVEL

Monika, Desti (2023) TA : PROSEDUR PELAYANAN RESERVASI TIKET PENERBANGAN MELALUI TELEPON DI PT PATIH INDO PERMAI TOUR AND TRAVEL. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.

[img] Text
Cover_Desti Monika_20756037.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Ringkasan_Desti Monika_20756037.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Bab 1_2_Desti Monika_20756037.pdf

Download (138kB)
[img] Text
DaftarPustaka_Desti Monika_20756037.pdf

Download (86kB)
[img] Text
FullteksTA_Desti Monika_20756037.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Bebasplagiarisme_Desti Monika_20756037( Hasil Turnitin 21_).pdf

Download (178kB)

Abstract

PT Patih Indo Permai Tour and Travel merupakan sebuah biro perjalanan swasta yang melayani jasa reservasi tiket penerbangan baik individu maupun kelompok dengan tujuan domestik dan internasional. Terdapat dua sistem reservasi tiket penerbangan yaitu walking guest dan sistem yang sering digunakan konsumen adalah melalui telepon yang terhubung dengan e-mail dan pesan Whatspp. Tujuan laporan tugas akhir ini adalah mendeskripsikan prosedur pelayanan reservasi tiket penerbangan melalui telepon di PT Patih Indo Permai Tour and Travel. Dalam penulisan ini, menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data primer dan sekunder melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Laporan tugas akhir ini menunjukan bahwa prosedur pelayanan reservasi tiket penerbangan melalui telepon belum terdapat Standar Operasional Prosedur (SOP) tertulis, sehingga dalam pelaksanaan reservasi tiket penerbangan belum berjalan dengan maksimal. Selama ini hanya dilakukan secara breafing sehingga staff reservasi dan ticketing perlu bertanya berulang kali yang mengakibatkan kurang efisien dimulai dari mengangkat telepon tidak lebih dari 3 kali deringan; greeting sesuai standar perusahaan; menawarkan bantuan, menanyakan nama konsumen; menanyakan rute, tanggal, class, jumlah penumpang serta maskapai yang diinginkan; meminta penelpon untuk menunggu mengecek ketersediaan jadwal penerbangan; memberikan informasi ketersediaan jadwal penerbangan dan meminta konsumen untuk memilih penerbangan yang diinginkan; meminta identitas diri; membukukan ke dalam sistem; menanyakan tiket ingin langsung di issued atau tidak; jika tidak berikan informasi time limit atau kode booking; jika ingin issued tanyakan bentuk pembayaran; konfirmasi ulang dan memastikan data yang diberikan data yang benar; menanyakan pengantaran tiket dan mengucapkan salam terima kasih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D3 Prodi Perjalanan Wisata
Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D3 Prodi Perjalanan Wisata
Depositing User: mrs Retno Triastika
Date Deposited: 10 Jan 2024 08:34
Last Modified: 10 Jan 2024 08:34
URI: http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/4699

Actions (login required)

View Item View Item