Yuspita, Sella and Algifachri, Rafly Ahmad (2025) SKRIPSI : MPLEMENTASI BUILDING INFORMATION MODELING (BIM) 5D PADA JEMBATAN PILE SLAB DI RUAS JALAN TOL SERANG-PANIMBANG SEKSI 3 (STA 76+067.50 – STA 76+397.50). Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.
![]() |
Text
Cover_Sella Yuspita_21735024.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
Ringkasan_Sella Yuspita_21735024.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
Bab1&2_Sella Yuspita_21735024.pdf Download (990kB) |
![]() |
Text
DaftarPustaka_Sella Yuspita_21735024.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
Fullteks_Sella Yuspita_21735025.pdf Restricted to Repository staff only Download (65MB) |
![]() |
Text
Turnitin_Sella Yuspita_21735024.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
RINGKASAN Tugas akhir ini bertujuan untuk mengimplementasikan Building Information Modeling (BIM) 5D dalam pekerjaan pembangunan Jembatan Pile Slab di Ruas Jalan Tol Serang – Panimbang Seksi 3 (STA 76+067.50 – STA 76+397.50). Pelaksanaan konstruksi seringkali menghadapi kendala terkait efisiensi biaya dan waktu pelaksanaan pekerjaan yang disebabkan kurangnya akurasi pada saat tahap perencanaan. Untuk mengatasi hal ini, penelitian ini memanfaatkan teknologi BIM 5D yang menggabungkan pemodelan 3D, penjadwalan proyek (4D), dan estimasi biaya (5D). Pemodelan 3D jembatan dilakukan menggunakan Autodesk Revit yang terintegrasi dengan Dynamo untuk menghasilkan desain parametrik, khususnya pada struktur pondasi Spun Pile. Volume pekerjaan yang diperoleh dari model 3D digunakan untuk menghitung estimasi biaya konstruksi. Dari hasil perhitungan diperoleh estimasi biaya sebesar Rp.90,423,079,606.00. Selanjutnya, menyusun penjadwalan proyek menggunakan microsoft project dengan durasi total 95 hari. Simulasi integrasi model 3D dan jadwal pelaksanaan dilakukan menggunakan Autodesk Navisworks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi BIM 5D mampu meningkatkan akurasi perhitungan biaya dan waktu pelaksanaan yang terintegrasi antara model 3D dan jadwal pelaksanaan. Selain itu, Implementasi BIM juga membantu dalam mendeteksi potensi kesalahan desain sejak dini melalui fitur clash detection, sehingga mengurangi risiko keterlambatan dan pembengkakan biaya akibat adanya item pekerjaan yang berbenturan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan metode konstruksi berbasis teknologi digital, khususnya pada proyek infrastruktur jalan tol. Kata Kunci : Jembatan Pile Slab, BIM 5D, RAB
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TG Bridge engineering T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Jurusan Teknik > Prodi D4 Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan |
Depositing User: | Mahasiswa Polinela |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 08:05 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 08:05 |
URI: | http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/6590 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |