khoir, Waqi’atul (2024) SKRIPSI : EFISIENSI PEMASARAN BIJI KERING KOPI ROBUSTADI DESA GIHAM SUKAMAJU KECAMATAN SEKINCAUKABUPATEN LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.
![]() |
Text
Cover_Waqi’atul Khoir_20751060 - WAQIATUl KHOIR.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
Ringkasan_Waqi’atul Khoir_20751060 - WAQIATUl KHOIR.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
Bab 1&2_Waqi’atul Khoir_20751060 - WAQIATUl KHOIR.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
DaftarPustaka_Waqi’atul Khoir_20751060 - WAQIATUl KHOIR.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
Fullteks TA_waqi’atul khoir_20751060 - WAQIATUl KHOIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Turnitin_Waqi’atul Khoir_20751060 - WAQIATUl KHOIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Komoditi kopi menjadi salah satu produk perdagangan hasil perkebunan yangmemiliki harapan cerah untuk ditumbuhkan karena terbukti memberikan nilai tambahpendapatan negara, pengusaha dan petani. Provinsi Lampung merupakan salah satudaerahsentraproduksikopijenisrobustadiIndonesia.KecamatanSekincaumerupakan salah satu daerah di Lampung Barat yang terdiri dari 5Pekon/DesaDifinitifdenganLuasWila yah118,28Ha,denganJumlahPenduduk18.980.Kecamatansekincau dapat menghasilkan produksi kopi sebesar 5.568 ton pada Tahun 2020 dan5.655 ton pada Tahun 2021, hal itu menunjukkan adanya peningkatan produksi kopidisetiaptahunnya(BPSSekincau,2022).DesaGihamSukamajuadalahsalahsatudesad i Kecamatan Sekincau dengan produksi kopi robusta yang besar setiap tahunnya.PemasaranbijikeringkopirobustadidesaGihamSukamajudilakukandenganbeb erapa cara, ada yang menjual pada pedagang pengepul, pedagang besar hinggaEksportir.PermasalahanyangadadiDesaGihamSukamajuyaituhargayangditawar kan pedagang terhadap petani berfluktuatif dan petani tidak dapat menentukanhargajualnyasendiriselainitupetanidiDesaGihamSukamajubelumbisamela kukanpenanganan pasca panen sehingga permasalahan yang terjadi dalam pemasaran bijikering kopi robusta tersebut berdampak pada keuntungan yang diperoleh oleh petani.Olehkarenaitu,diperlukansisteminformasipemasaranyangtepatdalammemasarka nbiji kopi hingga sampai pada pasar. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis salurandanlembagapemasaranBijiKeringKopiRobustadiDesaGihamSukamajuKecama tan Sekincau Kabupaten Lampung Barat, menganalisis margin pemasaran,farmer’s share dan Ratio profit margin Biji Kering Kopi Robusta di Desa GihamSukamaju Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat, menganalisis efisiensisaluran pemasaran Biji Kering Kopi Robusta di Desa Giham Sukamaju KecamatanSekincauKabupatenLampungBarat.PenelitianinidilakukandiDesaGihamSu kamajuKecamatanSekincau,KabupatenLampungBarat,ProvinsiLampung.Penentuan Lokasi dipilih secara sengaja(purposive) dengan pertimbangan bahwaKabupaten Lampung Barat merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di ProvinsiLampung dan Kecamatan Sekincau merupakan salah satu sentra produksi kopi diKabupatenLampungBarat, sertaDesaGihamSukamajumerupakandesayangmemilikip ermasalahandibidangpemasaran.Waktupenelitianinidilakukanpada iBulan Februari – Maret 2024. Jumlah populasi pada penelitian ini minimal 137 petanipadamarginoferror5%adalahsebesar40respondenpetanidariperhitunganmenggun akan metode slovin. Metode analisis data pada penelitian ini adalah metodeanalisis deskriptif untuk menentukan lembaga pemasaran di Desa Giham sukamaju,dan dalam penentuan margin pemasaran menggunakan rumus margin pemasaran,farmer’ssharedanratioprofitmargin,sertauntukmenganalisisefisiensimengg unakanlimaindikatorefisiensiyaitu:Saluranyangmelibatkanlembagapemasaranpalingse dikit,secaralengkapmenjalankanfungsi-fungsipemasaran,marjinpemasaran yang terbentuk nilainya paling kecil, memberikan bagian yang diterimapetani(farmer’sshare)palingbesar,danrasiokeuntunganterhadapbiayayangpali ngmerata dari setiap lembaga. Hasil penelitian menyatakan bahwa sebaran respondendiatas, rata-rata petani berusia 35-45 tahun, dengan pendidikan rata-rata SD, jumlahrata-ratatanggungankeluargasebanyak1-2orangdanrata ratapengalamanberusahatani adalah 16-25 tahun serta rata rata luas lahan petani 2-3 Ha. Lembagasaluran pemasaran pada penelitian ini adalah petani, pedagang pengepul, pedagangbesardaneksportir. Berdasarkanhasilpenelitianyangtelahdilakukan,terdapatduasaluranpemasaran pada Desa Giham Sukamaju dengan margin pemasaran pada saluran Isebesar Rp 21.808 dan margin saluran pemasaran II sebesar Rp 21.608, yang artinyasaluran pemasaran I merupakan saluran pemasaran yang memiliki nilai margin palingbesar dan saluran II memiliki nilai margin paling kecil, sehingga dapat disimpulkansaluran II adalah saluran yang paling efisien. Hasil perhitungan farmer’s share yaituSaluran pemasaran I menerima farmer’s share sebesar 96,17% dan saluran pemasaranII menerima farmer’s share sebesar 97,53. Hasil analisis tersebut menunjukkan hargabagian terbesar yang diterima petani yaitu pada saluran II sedangkan bagian terkecilyang diterima petani pada saluran I. Nilai rasio profit marjin tertinggi pada lembagapemasaran terdapat pada saluran pemasaran I oleh petani dimana rasio profit marjinyangdiperolehadalah0,94,yangartinyasetiapRp1biayapemasaranyangdikeluarka nakan memperoleh keuntungan sebesar Rp 0,95. Secara perhitungan total maka rasiokeuntungan terhadap biaya yang paling besar terdapat pada saluranI.Jadi dapatdisimpulkan dari lima indikator analisis efisiensi saluran pemasaran yang memenuhiindikator paling banyak adalah saluran II, Saluranpemasaran II melibatkan lembagapemasaran paling sedikit dimulai dari petani menjual biji kering kopi robustanya kepedagang pengepul besar dan pedagang pengepul besar menjual kepada eksportir.Fungsi-Fungsiyangdijalankanolehsaluran IIhampirsemuanyadijalankanmulaidarifungsipertukaran,fungsifisikdanfungsifasilitas, sertamemberikantotalnilaimarginpalingkecilyaituRp21.608danfarmer’sshare>40%yai tusebesar97,53%sertanilaiprofit margin yang merata yaitu diatas 0 sebesar 0,15 yang artinya setiap Rp 1 biayayangdikeluarkanakan memperoleh keuntungan Rp 0,15.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce S Agriculture > S Agriculture (General) S Agriculture > SB Plant culture |
Divisions: | Jurusan Ekonomi dan Bisnis > Prodi D4 Pengelolaan Agribisnis Jurusan Ekonomi dan Bisnis > Prodi D4 Pengelolaan Agribisnis |
Depositing User: | mrs Retno Triastika |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 08:19 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 08:19 |
URI: | http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/6550 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |