TA : PENERAPAN BAURAN PEMASARAN HERBISIDA SUPREMO 480 SL DI PT SUMBER SARANA AGRO

Utami, Citra Dwi (2021) TA : PENERAPAN BAURAN PEMASARAN HERBISIDA SUPREMO 480 SL DI PT SUMBER SARANA AGRO. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.

[img] Text
CITRA DWI UTAMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PT Sumber Sarana Agro merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distributor bahan kimia pertanian khususnya pestisida, pupuk, dan benih. Permasalahan yang dihadapi yaitu penjualan menurun dan siklus produk telah mencapai tahap pematangan sehingga perusahaan perlu strategi bertahan dengan memodifikasi bauran pemasaran 4p untuk meningkatkan penjualan dan mencegah penurunan penjualan terus menerus. Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan bauran produk supremo 480 SL di PT Sumber Sarana Agro, (2) mendeskripsikan penerapan bauran harga supremo 480 SL di PT Sumber Sarana Agro, (3) mendeskripsikan penerapan bauran promosi supremo 480 SL di PT Sumber Sarana Agro, dan (4) mendeskripsikan penerapan bauran distribusi supremo 480 SL di PT Sumber Sarana Agro. Metode pengumpulan data yang digunakan didapatkan dengan cara partisipasi aktif, observasi, wawancara, melibatkan diri dalam kegiatan yang ada di PT Sumber sarana Agro dan referensi dari jurnal dan buku. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan bauran produk, bauran harga, bauran promosi, dan bauran distribusi supremo 480 SL di PT Sumber Sarana Agro. Penerapan bauran pemasaran yang dilakukan PT Sumber Sarana Agro untuk meningkatkan penjualan adalah (1) strategi bauran produk supremo 480 SL yaitu merek dagang terdaftar di Direktorat Jenderal Prasana dan Sarana Pertanian, tersedia kemasan 1L, 2L, 4L, dan 20L, unsur-unsur yang ada di dalam label kemasan berisi keterangan, peringatan, dan ketentuan penggunaan; (2) strategi bauran harga supremo 480 SL yang diterapkan menggunakan dua varian harga yang berorientasi pada volume pembelian yaitu tipe A pembelian <200L dan tipe B pembelian ≥200L; (3) strategi bauran promosi supremo 480 SL yang diterapkan dengan cara demonstrasi, one day promo, merchandise, leaflet dan banner; (4) strategi bauran distribusi supremo 480 SL yang diterapkan menggunakan distribusi tidak langsung yaitu melalui perantara pedagang besar atau grosir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: mrs Retno Triastika
Date Deposited: 29 Apr 2021 02:25
Last Modified: 29 Apr 2021 02:25
URI: http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/1358

Actions (login required)

View Item View Item