TA : BAURAN PEMASARAN KOMODITI SAWI PAKCOY ORGANIK PADA YAYASAN BINA SARANA BAKTI

Hidayat, Abdullah Syukron (2019) TA : BAURAN PEMASARAN KOMODITI SAWI PAKCOY ORGANIK PADA YAYASAN BINA SARANA BAKTI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.

[img] Text
Tugas Akhir Abdullah Syukron H. (15751079) siap pdf (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Karya Tulis Abdullah Syukron H. (15751079) siap Pdf.pdf

Download (424kB)

Abstract

Yayasan Bina Sarana Bakti secara umum telah menerapkan Bauran pemasaran untuk penjualan produknya, akan tetapi Bauran pemasaran yang diterapkan belum konsisten sehingga terjadi beberapa masalah. Masalah yang terjadi dalam aspek produk yaitu kesalahan spesifikasi produk dan informasi kemasan yang kurang lengkap. Kekurangan dalam mempromosikan produk yaitu penyebaran informasinya hanya melalui pedagang pengecer dan memanfaatkan momen kunjungan saja. Masalah dalam penempatan tempat produksi yaitu jarak yang cukup jauh antara tempat usaha dan lokasi pasar yang ditambah dengan alat angkut yang kurang memadai sehingga tidak bisa menjaga kesegaran produk. Masalah yang terjadi berdampak langsung pada penurunan penjualan sawi pakcoy, pada bulan April penjualan sebesar 287 kg akan tetapi pada bulan Mei penjualan turun 12 kg sehingga menjadi 275 kg. Masalah dalam pemasaran produk tersebut harus segera ditangani dengan cara menentukan Bauran pemasaran yang tepat dan efisien untuk mengoptimalkan penjualan produk. Tujuan Tugas Akhir ini adalah untuk mengidentifikasi Bauran pemasaran dan menganalisis keadaan internal dan eksternal dalam pemasaran sawi pakcoy di Yayasan Bina Sarana Bakti. Metode pengumpulan data menggunakan metode partispatif, deskriptif, observatif, serta peran aktif dalam kegiatan budidaya dan v pemasaran di Yayasan Bina Sarana Bakti. Identifikasi Bauran pemasaran menggunakan bauran pemasaran (Marketing Mix) dan analisis kondisi pemasaran dengan melihat kondisi eksternal (Opportunity dan Threat) serta kondisi internal (Streanght dan Weakness). Kesimpulan dari Tugas Akhir ini adalah (1) (a) Kekuatan (Strenght) yaitu sawi pakcoy merupakan produk organik, sawi pakcoy organis memiliki tekstur yang renyah, sawi pakcoy organik memiliki ketahanan produk yang lebih lama, identitas sawi pakcoy (Agatho Organis) telah dikenal sejak lama, serta kepercayaan pedagang pengecer dan konsumen terhadap produk Pakcoy organik. (b) Kelemahan (Weakness) yaitu Kesalahan spesifikasi produk, informasi kemasan kurang lengkap, promosi kurang gencar, serta Alat transportasi kurang memadai. (c) Peluang (Opportunity) yaitu trend pertanian organik dan adanya kesadaran hidup sehat. (d) Ancaman (Threat) kebijakan pemerintah dan pengaruh ekonomi makro, promosi bersaing yang dilakukan kompetitor, dan adanya produk kompetitor/pesaing yang tidak menentu, promosi yang dilakukan pesaing, dan adanya produk kompetitor/pesaing. (2) Bauran pemasaran yang diterapkan untuk meningkatkan penjualan produk adalah (a) Aspek produk yaitu pembangunan produksi 3 K (Kuantitas, Kualitas, Kontinuitas) dan pembangunan merek dagang “AO” (Agatho Organis). (b) Aspek harga yaitu perubahan harga dilakukan satu tahun sekali dengan memperhatikan harga produk pesaing. (c) Aspek tempat yaitu saluran pemasaran menggunakan saluran pemasaran satu tingkat dan konsumen yang dituju yaitu konsumen tingkat menengah keatas. (d) Aspek promosi yaitu promosi melalui pedagang pengecer dan pada waktu ada kunjungan saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: mrs Retno Triastika
Date Deposited: 21 Apr 2021 02:27
Last Modified: 21 Apr 2021 02:27
URI: http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/1186

Actions (login required)

View Item View Item