TA : IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING DI PT PATIH INDO PERMAI

Astutik, Yulia (2024) TA : IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING DI PT PATIH INDO PERMAI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.

[img] Text
COVER TA_YULIA ASTUTIK.pdf

Download (49kB)
[img] Text
RINGKASAN_YULIA ASTUTIK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB 1-2_YULIA ASTUTIK.pdf

Download (142kB)
[img] Text
DAPUS_YULIA ASTUTIK.pdf

Download (70kB)
[img] Text
FULL TA_YULIA ASTUTIK_20756057.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Turnitin_YULIA ASTUTIK.pdf

Download (71kB)

Abstract

PT Patih Indo Permai, merupakan biro perjalanan wisata terkemuka yang telah berdiri sejak Januari 1988, dengan produk andalan dan divisi khusus, seperti MICE (meeting, insentif, conference, exhibition), wisata kelompok, minat khusus, dan individu. Tujuan penulisan Laporan Tugas Akhir ini yaitu, mendeskripsikan implementasi relationship marketing di PT Patih Indo Permai. Metode analisis data yang digunakan berupa deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data primer dan sekunder melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan diperkuat dengan studi literatur. Hasil laporan menunjukkan bahwa implementasi relationship marketing di PT Patih Indo Permai diterapkan melalui tiga program yaitu, dalam customer service programs, perusahaan menunjukkan responsivitas tinggi dengan layanan 24 jam melalui berbagai saluran komunikasi. Namun, kurangnya komunikasi secara proaktif dan sistem terstruktur untuk mengumpulkan umpan balik pelanggan mempengaruhi optimalisasi program dan upaya perbaikan layanan. Loyalty programs menunjukkan komitmen perusahaan dalam menghargai kontribusi pelanggan dengan pemberian hadiah yang bervariasi, namun kebijakan ini belum selalu efektif untuk memotivasi kesetiaan pelanggan. Dalam program community building, perusahaan hanya berfokus pada relasi personal dan interaksi terus-menerus. Namun, kurangnya melibatkan interaksi antar pelanggan mengurangi optimalisasi potensi yang lebih besar. Pengumpulan umpan balik pelanggan melalui google form, inovasi program loyalitas pelanggan melalui membership/poin, dan optimalisasi program community building melalui kegiatan tahunan yang memungkinkan terjadinya interaksi antar pelanggan, dapat memaksimalkan program relationship marketing di PT Patih Indo Permai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D3 Prodi Perjalanan Wisata
Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D3 Prodi Perjalanan Wisata
Depositing User: mrs Retno Triastika
Date Deposited: 06 Mar 2024 06:55
Last Modified: 06 Mar 2024 06:55
URI: http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/5416

Actions (login required)

View Item View Item