Octavia, Kristin (2023) TA : PERAN PEMANDU MUSEUM TEKSTIL DALAM PENYAJIAN INFORMASI TENTANG KOLEKSI DAN TATA PAMERAN MUSEUM. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.
![]() |
Text
COVER KRISTIN.pdf Download (47kB) |
![]() |
Text
Ringkasan_Kristin Octavia_20756070.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
Bab 1 & 2_Kristin Octavia.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
DAPUS KRISTIN.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
FULL TA Kristin Octavia-digabungkan-digabungkan 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
BebasPlagiarisme_Kristin Octavia_20756070.pdf Download (136kB) |
Abstract
Museum tekstil Jakarta terletak di Jl. Karel Satsuit Tubun No 2-4 Kelurahan Palmerah Kecamatan Tanah Abang Jakarta Barat. Museum ini memiliki 3000 lebih koleksi tekstil dari seluruh Indonesia mulai dari batik, tenun, dan lain-lain. Para wisatawan yang sedang berkunjung membutuhkan jasa pemandu wisata sebagai penyedia informasi secara rinci terkait koleksi dan mengarahkan perjalanan wisatawan baik perorangan maupun rombongan agar wisatawan yang berkunjung tidak tersesatsaat melakukan kunjungan. Pemandu wisata sebagaisalah satu pemberi informasi serta mediator, serta peran pemandu wisata bagi wisatawan selain memberikan arahan diharapkan agar membuat suatu perjalanan menjadi lancar. Pemandu museum adalah orang yang memberikan bimbingan, penerangan dan petunjuk mengenai koleksi museum serta pelayanan lainnya. Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan salah satu kompetensi unit kerja skkni dari kode unit BUD.PM02.003.01, yaitu menyajikan informasi tentang koleksi dan tata pameran museum di Museum tekstilJakarta. Metode pengumpulan data yaitumetode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Hasil penulisan tugas akhir ini menunjukkan bahwa pemandu wisata museum sudah menerapkan tugas pemandu wisata museum sesuai kompetensi unit kerja skkni dari kode unit BUD.PM02.003.01, namun pada kriteria kerja “Informasi koleksi dan tata pameranuntuk memenuhi kebutuhan pengunjung berdasarkan profil pengunjung” dan “Jawaban pertanyaan yang tidak diketahui, diberikan pada kesempatan berikutnya” belum sepenuhnya diterapkan dna perlu ditingkatkan karena sangat penting dalam mewujudkan kegiatan agar berjalan dengan baik sehingga membuat wisatawan merasa nyaman serta memberikan kepuasan bagi wisatawan yang datang berkunjungke Museum tekstil Jakarta Bara
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure |
Divisions: | Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D3 Prodi Perjalanan Wisata Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D3 Prodi Perjalanan Wisata |
Depositing User: | mrs Retno Triastika |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 06:45 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 06:45 |
URI: | http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/5411 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |