TA : PENGENDALIAN KUALITAS MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL DALAM MENGIDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB DEFECT PRODUK NANAS SLICE DI PT GREAT GIANT PINEAPPLE

Mirabel, Nabila Aldora (2023) TA : PENGENDALIAN KUALITAS MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL DALAM MENGIDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB DEFECT PRODUK NANAS SLICE DI PT GREAT GIANT PINEAPPLE. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.

[img] Text
Cover_Nabila Aldora Mirabel_20733054.pdf

Download (568kB)
[img] Text
Abstrak_Nabila Aldora Mirabel_20733054.pdf

Download (516kB)
[img] Text
Bab1&2_Nabila Aldora Mirabel_20733054.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DaftarPustaka_Nabila Aldora Mirabel_20733054.pdf

Download (464kB)
[img] Text
FullteksTA_Nabila Aldora Mirabel_20733054.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BebasPlagiarisme_Nabila Aldora Mirabel_20733054.pdf

Download (110kB)

Abstract

Nanas slice seringkali ditemukan penyimpangan karena potongannya berbentuk lingkaran dan bagian sisi terlihat jelas apabila terdapat cacat. Cacat nanas slice dapat terjadi karena beberapa faktor yang menyebabkan turunnya kualitas produk. Tujuan dari penulisan tugas akhir mahasiswa ini adalah untuk mengidentifikasi faktor penyebab terjadinya cacat produk nanas slice pada proses pengolahan dan melakukan upaya perbaikan dari cacat produk. Pengendalian kualitas yang digunakan menggunakan metode SQC berupa checksheet, histogram, diagram pareto, peta kendali np dan fishbone diagram. Hasil analisis menunjukkan bahwa jumlah cacat tertinggi yaitu jenis cacat blemish dengan total cacat sebanyak 171 slice dengan persentase kumulatif sebesar 61% dan jenis cacat mashed dengan total cacat sebesar 49 slice dengan persentase kumultaif 79%. Hasil peta kendali np menunjukkan bahwa garis titik jumlah cacat berada diantara nilai UCL sebesar 39,49 dan LCL sebesar 16,31. Analisis sebab akibat menggunakan fishbone diagram diketahui terdapat empat faktor yang mempengaruhi terjadinya cacat produk. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dalam pengendalian kualitas nanas slice cacat pada produk dalam keadaan terkendali secara statistic. Pada fishbone diagram diketahui penyebab cacat produk jenis blemish dan mashed seperti faktor mesin (pisau tidak tajam), metode kerja (implementasi SOP kurang baik), material (nanas berpenyakit, terdapat sisa mata nanas, tingkat kematangan tinggi), dan manusia (tenaga kerja mengejar waktu dan kurang teliti). Berdasarkan pengamatan, perusahaan dapat menggunakan metode statistical quality control guna mengetahui penyebab cacat produk serta mengambil tindakan pencegahan menekan tingkat cacat produk terutama untuk jenisncacat persentase cacat tertinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Pangan
Depositing User: mrs Frika Adelaide Lubis
Date Deposited: 01 Mar 2024 01:41
Last Modified: 01 Mar 2024 01:41
URI: http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/5278

Actions (login required)

View Item View Item