TA : PENERAPAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB TOUR LEADER DALAM OPERASIONAL TOUR DI PT GARUDA WISATA JAYA ALMETRONI

Safa, Regita Putri Banar Syah (2023) TA : PENERAPAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB TOUR LEADER DALAM OPERASIONAL TOUR DI PT GARUDA WISATA JAYA ALMETRONI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.

[img] Text
Cover regita.pdf

Download (989kB)
[img] Text
RINGKASAN REGITA.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB I-II REGITA.pdf

Download (766kB)
[img] Text
DAFPUS REGITA.pdf

Download (493kB)
[img] Text
TA FULL REGITA 20756118.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
Turnitin regita.pdf

Download (104kB)

Abstract

Tour leader merupakan peran yang sangat penting dalam operasional paket wisata yang memiliki tugas sebagai pimpinan rombongan wisatawan sekaligus sebagai perwakilan perusahaan yang mengoperasionalkan paket wisata. PT Garuda Wisata Jaya Almetroni merupakan biro perjalanan wisata di Provinsi Lampung yang cukup konsisten dalam penjualan paket wisatanya. Tujuan dari penyusunan tugas akhir ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan tugas dan tanggung jawab tour leader dalam operasional tour. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan studi literatur dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penulisan tugas akhir ini mendeskripsikan bahwa tour leader dalam menjalankan perannya memiliki beberapa tugas yaitu melakukan pengecekan ulang segala persiapan meliputi transportasi, kesiapan perbekalan, kesiapan itinerary, serta mitra perjalanan seperti hotel, restoran, dan destinasi wisata, memberikan instruksi, pengarahan, dan petunjuk kepada seluruh tim operasional, mengambil inisiatif dan memutuskan apabila terjadi gangguan dalam perjalanan, bertanggung jawab terhadap pelaksanaan kegiatan wisata sebagai tanggung jawab utama, tanggung jawab terhadap kecelakaan baik di dalam transportasi maupun di lokasi wisata, tanggung jawab terhadap barang barang hilang, dan tanggung jawab dalam membuat laporan keuangan, serta menerima masukan, usulan, dan saran dari wisatawan. Saran untuk PT Garuda Wisata Jaya Almetroni yaitu tour leader dapat mempertahankan kualitas kinerjanya dan meningkatkan kompetensi kemampuannya serta dalam tahap evaluasi setelah tour berlangsung selain menggunakan video testimony dapat menggunakan metode penyebaran kuesioner kepuasan pelanggan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari layanannya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D3 Prodi Perjalanan Wisata
Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D3 Prodi Perjalanan Wisata
Depositing User: mrs Retno Triastika
Date Deposited: 10 Jan 2024 08:08
Last Modified: 10 Jan 2024 08:08
URI: http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/4689

Actions (login required)

View Item View Item