SKRIPSI : FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN BERAS PREMIUM PANDAN WANGI DI PASAR TRADISONAL KOTA BANDAR LAMPUNG

Pitaloka, Seroja Elok (2023) SKRIPSI : FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN BERAS PREMIUM PANDAN WANGI DI PASAR TRADISONAL KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.

[img] Text
Cover_Seroja Elok Pitaloka_19754026.pdf

Download (45kB)
[img] Text
Ringkasan_Seroja Elok Pitaloka_19754026.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB1_2_Seroja Elok Pitaloka_19754026.pdf

Download (288kB)
[img] Text
DaftarPustaka_Seroja Elok Pitaloka_19754026.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Full Tesk Skripi_Seroja Elok Pitaloka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text
Turnitin Ta_Jurnal__Seroja Elok Pitaloka_19754026.pdf

Download (17kB)

Abstract

Produksi padi sawah pada tahun 2021 mencapai 2,4 juta ton, dan untuk produksi padi tertinggi dihasilkan oleh Kabupaten Lampung Tengah mencapai 490,37 ribu ton (BPS, 2022). Beras merupakan bahan pangan pokok bagi penduduk Indonesia, Produksi beras pada 2022 untuk konsumsi pangan penduduk mencapai 31,54 juta ton, terjadi peningkatan sebanyak 184,50 ribu ton atau 0,59% dibandingkan produksi beras di 2021 yang sebesar 31,36 juta ton (BPS, 2022). Keputusan pembelian merupakan keputusan konsumen yang dipengaruhi oleh ekonomi, keuangan, teknologi, politik, budaya, produk, harga, tempat, iklan, bukti fisik, orang dan proses, jadi membentuk sikap dalam diri konsumen untuk mengolah segala informasi dan menarik kesimpulan berupa jawaban yang menunjukkan produk yang akan dibeli, sedangakan pasar merupakan tempat atau wadah terjadinya transaksi jual beli dan tawar menawar. Pemilihan lokasi penelitian didasarkan pada banyaknya jumlah pedagang pengecer beras tepatnya di pasar panjang, tingginya jumlah konsumen yang melakukan pembelian untuk memenuhi kebutuhan sandan dan pangan dipasar tradisional bambu kuning, dan pasar kangkung terdapat banyak jenis merk beras yang bisa di temukan di pasar tersebut, ketiga pasar ini terdapat banyak merk beras yang ditemukan di pasar ada sebanyak 45 merk beras. Volume penjualan beras tertinggi ketiga yaitu merupakan bukan jenis beras pandan wangi tersebar di pasar tradisional Kota Bandar Lampung yaitu Raja Udang sebesar 30%. Sebaran volume penjualan beras merk jenis pandan wangi masih sangat rendah hanya terdapat dua jenis merk saja yaitu Ratu Koki dan Dua Koki. Seberan volume penjualan Ratu Koki memiliki presentase sebesar 1,5% dan untuk Dua Koki hanya sebesar 0,79%. Penelitian ini digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian yang mengakibatkan volume penjualan sangat rendah, baik faktor harga, faktor kualitas produk dan faktor citra merk. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengambilan keputusan pembelian beras pandan wangi di Kota Bandar Lampung dan menganalisis faktor�faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian beras pandan wangi di pasar tradisional Kota Bandar Lampung. Proses pengambilan keputusan ini menggunakan Accidental Sampling menggunakan rumus virtucio digunakan apabila populasi sulit diketahui dengan jumlah responden sebanyak 100 responden, kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk menentukan proses pengambilan keputusan. Analisis Logistik digunakan untuk melihat faktor apa saja yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian. Proses pengambilan keputusan konsumen yang pertama yaitu: 1) Pengenalan kebutuhan, berdasarkan motivasi pembelian konsumen berdasarkan kebutuhan, indikator manfaat berdasarkan pemenuhan gizi serta indikator motivasi konsumsi yaitu berdasarkan tekstur beras. 2) Pencarian informasi, indikator mendapatkan informasi diperoleh dari keluarga/ krabat dan teman. 3) Evaluasi alternatif indikator pertimbangan pembelian beras pandan wangi diperoleh pertimbangan berdasarkan harga dan konsumen sebelumnya sudah mengkonsumsi beras pandan wangi. 4) Keputusan pembelian berdasarkan indikator pembelian dalam satu bulan sebanyak 2 kali, dan sudah direncanakan, konsumen juga akan melakukan pembelian secara beruulang. 5) Pasca pembelian konsumen telah mengkonsumsi selama 1 tahun dan merasa puas selama mengkonsumsi beras pandan wangi serta untuk harga yang ditawarkan cukup mahal. Berdasarkan hasil analisis terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian ada 2 faktor yang berpengaruh secara signifikan parsial dan memberikan pengaruh yang positif terhadap pengambilan keputusan pembelian beras pandan wangi yaitu variabel harga dan kualitas produk, sedangkan untuk variabel variabel citra merk tidak berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan. Berdasrkan hasil analisis terhadap variabel citra merk beras pandan wangii ditujukan kepada perusahaan atau penjual/pengepul beras pandan wangi. Produsen beras pandan wangi untuk lebih meningkatkan citra merk beras pandan wangi dan untuk penjual beras agar tetap mempertahankan beras yang dijual dengan kualitas beras yang lebih baik lagi, serta lebih mengenalkan kepada konsumen mengenai kelebihan dari citra merk beras pandan wangi. Berdasrkan hasil analisis terhadap variabel citra merk beras pandan wangii ditujukan kepada perusahaan atau penjual/pengepul beras pandan wangi. Produsen beras pandan wangi untuk lebih meningkatkan citra merk beras pandan wangi dan untuk penjual beras agar tetap mempertahankan beras yang dijual dengan kualitas beras yang lebih baik lagi, serta lebih mengenalkan kepada konsumen mengenai kelebihan dari citra merk beras pandan wangi. Berdasarkan hasil analisis terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian ada 2 faktor yang berpengaruh secara signifikan parsial dan memberikan pengaruh yang positif terhadap pengambilan keputusan pembelian beras pandan wangi yaitu variabel harga dan kualitas produk, sedangkan untuk variabel variabel citra merk tidak berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D4 Prodi Agribisnis Pangan
Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D4 Prodi Agribisnis Pangan
Depositing User: mrs Retno Triastika
Date Deposited: 13 Dec 2023 01:59
Last Modified: 13 Dec 2023 01:59
URI: http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/4380

Actions (login required)

View Item View Item