SKRIPSI : ANALISIS KEPUTUSAN KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BERAS DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Damayanti, Aliya Citra (2023) SKRIPSI : ANALISIS KEPUTUSAN KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BERAS DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.

[img] Text
Cover_Aliya Citra Damayanti_19754001.pdf

Download (173kB)
[img] Text
Ringkasan_Aliya Citra Damayanti_19754001.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Bab1_2_Aliya Citra Damayanti_19754001.pdf

Download (472kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Aliya Citra Damayanti_19754001.pdf

Download (273kB)
[img] Text
FullteksTA_Aliya Citra Damayanti_19754001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BebasPlagiarisme_Aliya Citra Damayanti_1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Beras merupakan salah satu komoditas pangan di Indonesia dengan konsumsi beras tertinggi di dunia yang dikonsumsi oleh hampir 90 persen penduduk Indonesia. Konsumsi terhadap beras yang cukup besar sebagai salah satu pangan pokok tentu saja memiliki beraneka ragam karakteristik maupun keputusan dari konsumen yang akan membeli beras. Langkah awal yang harus diperhatikan produsen untuk menghasilkan beras yang sesuai dengan harapan konsumen yakni pengetahuan mengenai perilaku konsumen. Tujuan dilakukan penelitian untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen, menganalisis pengambilan keputusan terhadap atribut-atribut beras, menganalisis keputusan konsumen terhadap pembelian beras di Kota Bandar Lampung. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini terdiri dari dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Metode penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan metode probability sampling, dengan metode simple random sampling atau sampel acak sederhana. Analisis data dilakukan menggunakan metode analisis deskriptif, uji data validitas dan releabilitas, nilai interval kelas, dan uji analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh karakteristik konsumen didominasi oleh konsumen berjenis kelamin perempuan (92,75%) yang berada di fase paruh baya (36 tahun - 50 tahun), analisis keputusan konsumen menunjukkan tingkat kepentingan atribut beras yang berbeda, menurut responden yang paling penting adalah mutu beras pada skor indikator kepulenan (3,75), daya tahan (3,71), dan aroma (3,66). Keputusan pembelian beras dipengaruhi 80,2% oleh variabel atribut produk berupa fisik beras, mutu beras, harga beras dan kemasan beras, dan 19,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam model regresi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D4 Prodi Agribisnis Pangan
Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D4 Prodi Agribisnis Pangan
Depositing User: mrs Retno Triastika
Date Deposited: 13 Dec 2023 01:47
Last Modified: 13 Dec 2023 01:47
URI: http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/4373

Actions (login required)

View Item View Item