SKRIPSI : EFISIENSI SALURAN PEMASARAN TERNAK KAMBING DI PASAR HEWAN DESA ADI JAYA KECAMATAN TERBANGGI BESAR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Saputra, Ferdi Wahyu (2023) SKRIPSI : EFISIENSI SALURAN PEMASARAN TERNAK KAMBING DI PASAR HEWAN DESA ADI JAYA KECAMATAN TERBANGGI BESAR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.

[img] Text
Cover_Ferdi Wahyu Saputra_19743014.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Abstrak_Ferdi Wahyu saputra_17743014.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BABI_2_Ferdi Wahyu Saputra_17743014pdf.pdf

Download (687kB)
[img] Text
Daftarpustaka_Ferdi Wahyu Saputra_17743029.pdf

Download (269kB)
[img] Text
Fulteks_FERDI WAHYU SAPUTRA_17743014-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bebasplagiarisme_Ferdi Wahyu saputra_17743014.pdf

Download (58kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lembaga pemasaran, saluran pemasaran, fungsi pemasaran, margin pemasaran biaya pemasaran, dan tingkat efisienssi pemasaran ternak kambing di pasar hewan Desa Adi Jaya Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah. Penelitian dilakukan di pasar hewan Desa Adi jaya Kecamatan Terbanggi Besar pada bulan November 2021. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan melakukan pengamatan langsung dan wawancara dengan menggunakan daftar pertanyaan (kuisioner) kepada responden dan lembaga-lembaga pemasaran yang terlibat dalam proses kegiatan pemasaran ternak kambing yang berlangsung di pasar hewan Desa Adi Jaya Kabupaten Lampung Tengah. Penentuan responden dengan metode snowball sampling yang memiliki 30 responden terdiri dari 17 peternak/produsen dan 13 pedagang pengumpul. Data sekunder diperoleh dari Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung seperti pengembangan harga, pertumbuhan ekonomi, jumlah ternak dan jenis ternak. Parameter yang diteliti adalah lembaga, saluran dan fungsi pemasaran, margin pemasaran farmer’s share dan rasio keuntungan terhadap biaya. Hasil penelitian ini menunjukkan dua lembaga pemasaran yang terlibat yaitu peternak dan pedagang pengumpul. Saluran pemasaran terdapat dua yaitu saluran pertama : peternak – konsumen dan saluran kedua : peternak – pedagang pengumpul – konsumen. Fungsi pemasaran yang dilakukan lembaga pemasaran yaitu fungsi pertukaran, fungsi fisik dan fungsi fasilitas. Melalui saluran pemasaran I di dapat margin pemasaran (Rp.20.823), dan saluran II adalah (RP. 188.916). Farmer’s share pada saluran I adalah (99,01%) dan saluran II addalah (91,12%). Rasio keuntungan terhadap biaya pada salutran I adalah (100,12%) dan saluran II adalah (8,29%). Nilai efisiensi saluran I yaitu sebesar 0,98%, dan pada saluran II nilai efisiensi 0,95%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pemasaran ternak kambing di pasar hewan Desa Adi Jaya Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah di nyatakan sudah efisien

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D4 Teknologi Produksi Ternak
Depositing User: mrs Retno Triastika
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:38
Last Modified: 20 Oct 2023 01:38
URI: http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/4253

Actions (login required)

View Item View Item