TA : PENENTUAN JUMLAH PESANAN TOMAT DI PT BIMANDIRI AGRO SEDAYA LEMBANG JAWA BARAT

Zulva, Liyana (2020) TA : PENENTUAN JUMLAH PESANAN TOMAT DI PT BIMANDIRI AGRO SEDAYA LEMBANG JAWA BARAT. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.

[img] Text
TA LIYANA ZULVA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PT Bimandiri Agro Sedaya merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa perdagangan atau pemasok sayur dan buah dari berbagai hasil produksi pertanian di daerah sekitar Lembang, Garut, Subang, Pandeglang dan Kebumen. PT BAS dalam memesan bahan baku tergantung pada jumlah pesanan toko atau supermarket itu sendiri dan perusahaan melakukan pemesanan dalam jumlah yang cukup untuk sekali produksi saja. Apabila perusahaan hanya mengandalkan dari jumlah pesanan toko dikhawatirkan tersedianya barang sesuai dengan kebutuhan perusahaan tidak terjamin. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini yaitu menghitung biaya pemesanan, menghitung biaya penyimpanan dan menganalisis jumlah pesanan tomat menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) di PT Bimandiri Agro Sedaya. Metode yang digunakan untuk menganalisis data yaitu deskriptif dan kuantitatif. Biaya pemesanan yang dikeluarkan PT Bimandiri Agro Sedaya meliputi biaya telepon atau biaya email. Berdasarkan hasil perhitungan biaya pemesanan tomat didapatkan hasil yaitu untuk satu kali pemesanan tomat membutuhkan biaya telepon/email sebesar Rp 7.874 dengan total biaya pemesanan dalam satu tahun sebesar Rp 2.834.640. Biaya penyimpanan yang dikeluarkan oleh PT Bimandiri Agro Sedaya meliputi biaya listrik dan biaya pemeliharaan. Berdasarkan perhitungan di dapatkan yaitu biaya listrik untuk penerangan tomat sebesar Rp 566.928 per tahun dan biaya pemeliharaan untuk tenaga kerja yang melakukan pensortiran sebesar Rp 1.800.000 per tahun, jadi total biaya penyimpanan yang harus dikeluarkan oleh PT Bimandiri Agro Sedaya untuk satu tahun adalah sebesar Rp 2.366.928. Pemeliharaan dilakukan sebanyak 2 kali dalam satu bulan. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) dan frekuensi pemesanan tomat di PT Bimandiri Aro Sedaya diperoleh jumlah pesanan optimal sebanyak 10.154 kg dengan frekuensi pemesanan sebanyak 14 kali dalam satu tahun. Selisih antara penggunaan kebijakan perusahaan dan metode Economic Order Quantity (EOQ) dalam pembelian tomat adalah sebesar 9.458 kg dan selisih frekuensi pembelian sebanyak 166 kali dalam setahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: mrs Retno Triastika
Date Deposited: 15 Mar 2021 08:07
Last Modified: 15 Mar 2021 08:07
URI: http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/811

Actions (login required)

View Item View Item