Aditama, Wayan Erico (2024) SKRIPSI : EFISIENSI PEMASARAN UDANG VANAME DI KECAMATAN PASIR SAKTI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.
![]() |
Text
Cover_Wayan Erico Aditama_20751030 - Kelas Agribisnis 1A.pdf Download (73kB) |
![]() |
Text
Ringkasan_Wayan Erico Aditama_20751030 - Kelas Agribisnis 1A.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
Bab 1&2_Wayan Erico Aditama_20751030 - Kelas Agribisnis 1A.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_Wayan Erico Aditama_20751030 - Kelas Agribisnis 1A.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
Fullteks TA_Wayan Erico Aditama_20751030. - Kelas Agribisnis 1A.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Turnitin_Wayan Erico Aditama_20751030 - Kelas Agribisnis 1A.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Udang vaname (Litopenaeus vanamei), biasa disebut udang putih, berasal dari Hawai. Udang ini telah banyak dikembangkan di China, Thailand, Taiwan, Vietnam dan Indonesia. Lampung sebagai gerbang dari Pulau Sumatera memiliki daerah pesisir yang sangat potensial untuk dimanfaatkan sebagai area tambak produksi udang. Besarnya peluang komoditas udang vaname di pasar sejalan dengan permasalahan yang dihadapi. Salah satu kendala utama adalah adanya rantai distribusi yang panjang, yang melibatkan beberapa perantara mulai dari petambak, pengepul, hingga pedagang pengecer sebelum akhirnya sampai ke konsumen akhir. Hal ini menyebabkan adanya biaya tambahan pada setiap tahapan distribusi yang berujung pada harga jual yang lebih tinggi, sementara petambak menerima margin yang lebih kecil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran, margin pemasaran, efisiensi pemasaran udang vaname di Kecamatan Pasir Sakti Kabupaten Lampung Timur. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan simple random sampling, snowball sampling dan purposive sampling. Metode penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk menentukan lembaga pemasaran dan dalam penentuan margin pemasaran menggunakan perhitungan rumus margin pemasaran, farmer’s share dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran udang vaname di Kecamatan Pasir Sakti yaitu saluran I: petambak–pedagang pengumpul– pedagang besar–pedagang pengecer–konsumen akhir, saluran II: petambak– pedagang besar–pedagang pengecer–konsumen, saluran III: petambak–pedagang pengecer–konsumen akhir. Margin pemasaran yang terdapat pada saluran I sebesar Rp42.029, saluran II sebesar Rp42.029 dan saluran III sebesar Rp42.029. hasil perhitungan farmer’s share pada saluran I yaitu sebesar 76,92%, saluran II yaitu sebesar 82,69% dan saluran III yaitu sebesar 91,67%. Sedangkan hasil perhitungan efisiensi pemasaran menghasilkan saluran I sebesar 51,12%, saluran II 49,67% dan saluran III sebesar 48,30%. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa saluran III merupakan saluran pemasaran yang paling efisien karena hasil perhitungan margin pemasaran rendah dan farmer's share yang tinggi. Saluran pemasaran I tidak efisien sedangkan saluran II dan III pada pemasaran udang vaname di Kecamatan Pasir Sakti sudah efisien karena persentase dari nilai efisiensi pemasaran tidak melebihi 50%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce S Agriculture > S Agriculture (General) S Agriculture > SF Animal culture |
Divisions: | Jurusan Ekonomi dan Bisnis > Prodi D4 Pengelolaan Agribisnis Jurusan Ekonomi dan Bisnis > Prodi D4 Pengelolaan Agribisnis |
Depositing User: | mrs Retno Triastika |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 08:19 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 08:19 |
URI: | http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/6551 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |