Rieka, Dinar Adha (2023) TA : PENERAPAN PENANGANAN KOMPLAIN PELANGGAN DI PATIH INDO PERMAI TOUR AND TRAVEL. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.
![]() |
Text
COVER_DINAR ADHA RIEKA_20756038.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
RINGKASAN_DINAR ADHA RIEKA_20756038.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
BAB 1 _ 2_DINAR ADHA RIEKA.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_DINAR ADHA RIEKA_20756038.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
FULL TEKS_DINAR ADHA RIEKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
BEBAS PLAGIARISME_DINAR ADHA RIEKA_20756038.pdf Download (143kB) |
Abstract
Patih Indo Permai Tour and Travel adalah salah satu biro perjalanan wisata yang terletak di Jakarta Selatan yang berdiri sejak tahun 1988. Biro perjalanan wisata ini berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, namun dalam pelaksanaanya masih terdapat kendala dari layanan-layanan yang telah diberikan. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah mendeskripsikan penerapan penanganan komplain yang dilakukan oleh Patih Indo Permai. Laporan tugas akhir ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, data yang digunakan adalah data primer dan sekunder berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan kajian literatur. Hasil dari laporan tugas akhir ini adalah mendeskripsikan penerapan penanganan komplain yang dilakukan oleh Patih Indo Permai terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap I mendengarkan dan memahami untuk mendapatkan informasi detail terkait komplain yang disampaikan. Tahap II klarifikasi dan penyamaan persepsi untuk memastikan bahwa komplain yang disampaikan sesuai dengan persepsi perusahaan. Tahap III penjelasan dan permohonan maaf untuk menunjukkan bahwa perusahaan peduli dengan komplain yang disampaikan dan menghargai pelanggan. Tahap IV solusi dan taking action untuk menyelesaikan masalah yang dialami pelanggan dengan cepat dan tepat. Tahap V follow up untuk memperkuat hubungan perusahaan dengan pelanggan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure |
Divisions: | Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D3 Prodi Perjalanan Wisata Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D3 Prodi Perjalanan Wisata |
Depositing User: | mrs Retno Triastika |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 08:35 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 08:35 |
URI: | http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/4700 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |