Maharani, Okta Malinda (2022) SKRIPSI : ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KERIPIK PISANG PADA UMKM KERIPIK SHINTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.
![]() |
Text
Cover - Okta Malinda Maharani.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
Abstrak - Okta Malinda Maharani.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
Bab 1 dan 2 - Okta Malinda Maharani.pdf Download (483kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka Perpust - Okta Malinda Maharani.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
Tugas Akhir Okta Malinda - Okta Malinda Maharani.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Surat pernyataan fix banget - Okta Malinda Maharani.pdf Download (368kB) |
Abstract
UMKM Keripik Shinta merupakan salah satu UMKM yang bergerak dalam bidang produksi dan pemasaran keripik pisang. Produk keripik pisang yang dijual dalam UMKM Keripik Shinta ini memiliki aneka varian rasa. Pesaing yang berada di Bandar Lampung relative tinggi. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Keripik Shinta adalah persaingan pasar yang ketat dan usaha ini masih dalam tahap pendewasaan, sehingga memerlukan strategi pemasaran dengan memodifikasi analisis IFAS EFAS dan SWOT. Tujuan penulisan ini adalah (1) Menganalisis faktor-faktor lingkungan internal yang dapat menjadi kekuatan, kelemahan dan faktor-faktor lingkungan eksternal yang dapat menjadi peluang, ancaman dalam pemasaran UMKM Keripik Shinta. (2) Merumuskan dan merekomendasikan alternatif strategi pemasaran UMKM Keripik Shinta. Data yang digunakkan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder dengan menggunakan metode analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats), IFAS (Internal Strategic Factors Analysis Summary), dan EFAS (External Strategic Factors Analysis Summary). Hasil Analisis SWOT UMKM Keripik Shinta terdiri dari strengt (kekuatan) yaitu lokasi bisnis yang strategis, harga terjangkau dikalangan masyarakat, keberagaman produk, kemasan produk dan label produk, dan promosi yang dilakukan sangat milenial yaitu dengan memanfaatkan sosial media. Sedangkan weakness (kelemahan) yang dimiliki adalah peralatan yang digunakan untuk produksi belum modern, jumlah pekerja (SDM), tata layout pada minibar caffe yang ada di UMKM Keripik Shinta, ketersediaan bahan baku. Kemudian opportunity (peluang) yang dimiliki meliputi bahan baku yang mudah didapatkan, ii pertumbuhan pasar, dan trend bisnis. Sedangkan threat (ancaman) meliputi persaingan usaha, fluktuasi barang input, dan perbedaan harga antar usaha sejenis. Keripik Shinta berada pada kuadran 1 yaitu mampu bersaing di pasar yang kompetitif. Strategi yang direkomendasikan adalah Strategi SO (Strengths dan Opportunities). Strategi SO mengintensifkan promosi pada pasar konsumen yang dituju, memberikan jaminan kualitas terhadap produk yang ditawarkan, dan selalu berinovasi rasa pada produk keripik pisang yang ditawarkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce S Agriculture > S Agriculture (General) T Technology > TX Home economics |
Divisions: | Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D4 Prodi Agribisnis Pangan Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D4 Prodi Agribisnis Pangan |
Depositing User: | mrs Retno Triastika |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 01:56 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 01:56 |
URI: | http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/2862 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |