TA : KERAGAAN PASAR DAN EFISIENSI PEMASARAN LANTING DI DESA KARANG ANYAR KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN

Irhamna, Real (2020) TA : KERAGAAN PASAR DAN EFISIENSI PEMASARAN LANTING DI DESA KARANG ANYAR KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.

[img] Text
TA_16754026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pertumbuhan suatu ekonomi negara dapat ditandai dengan tumbuhnya sektor ekonomi masyarakat. Usaha Mikro Kecil Menangah (UMKM) merupakan contoh dari perkembangan pertumbuhan ekonomi yang ada di Indonesia, produk olahan hasil pertanian yang kerap diolah yaitu singkong. Provinsi Lampung adalah salah satu sentra penghasil ubi kayu terbesar di Indonesia, jumlah produksi singkong per tahunnya rata-rata mencapai 7.136.599 ton. Sebanyak 40 UMKM di Kabupeten Pesawaran memproduksi lanting, produk lanting dikenal gurih serta harga yang terjangkau dan aman untuk dikonsumsi karena tidak mengandung bahan pengawet atau bahan pewarna makanan lainya. Tujuan penulisan laporan tugas akhir ini yaitu Analisis keragaan pasar dan saluran pemasaran lanting, Analisis margin pemasaran dan keuntungan usaha lanting, Analisis efisiensi pemasaran lanting. Jenis penelitian deskriptif dan kuantitatif, data yang digunakan data primer dan data sekunder, Metode yang digunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis keragaan pasar produk lating di Desa Karang Anyar Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran cenderung membentuk pasar persaingan oligopsoni, pasar oligopsoni ialah salah satu bentuk dari pasar persaingan tidak sempurna, yaitu salah satu pasar yang belum terorganisir dengan sangat baik dan sering timbul ketidakadilan di dalam pasar. Terdapat 4 saluran pemasaran lanting di Desa Karang Anyar yaitu satu saluran tidak ada pedagang perantara (produsen – konsumen) dan tiga saluran melibatkan pedagang perantara yang terdiri dari pedagang pengepul, dan pedagang pengecer. Analisis marjin pemasaran yang paling tinggi terdapat pada saluran pemasaran kedua dan keempat dengan jumlah Rp. 13.686,- serta margin pemasaran yang paling rendah berada pada saluran pemasaran pertama dengan jumlah Rp.7.186/kg dan keuntungan pemasaran lanting yang paling tinggi terdapat pada saluran pemasaran kedua dengan jumlah keuntungan sebesar Rp. 11.701/kg. Saluran pemasaran lanting di Desa Karang Anyar yang paling efisien sesuai dengan pengukuran efisiensi menggunakan Producer Share, rasio antara biaya pemasaran dengan nilai penjualan produk, Ratio Profit Margin (RPM) dan margin pemasaran adalah saluran pemasaran yang tidak melibatkan lembaga pemasaran didalamnya yaitu produsen langsung ke konsumen akhir (saluran I).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: mrs Retno Triastika
Date Deposited: 01 Apr 2021 02:35
Last Modified: 01 Apr 2021 02:35
URI: http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/993

Actions (login required)

View Item View Item