TA : PENGELOLAAN MUTU BARANG TOLAKAN DI PT BIMANDIRI AGRO SEDAYA

Yulyana, Yulyana (2020) TA : PENGELOLAAN MUTU BARANG TOLAKAN DI PT BIMANDIRI AGRO SEDAYA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.

[img] Text
yulyana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PT Bimandiri Agro Sedaya merupakan salah satu perusahaan agroindustri yang bergerak dalam bidang perdagangan produk hasil pertanian. Masalah yang terjadi di PT Bimandiri Agro Sedaya adalah terjadinya barang tolakan dari supermarket karena barang tidak memenuhi spesifikasi, yang akan mengakibatkan kerugian pada perusahaan jika terajadi secara terus-menerus. Tujuan penulisan Tugas Akhir ini yaitu 1) mengidentifikasi jenis sayuran yang banyak dan sering mengalami tolakan dari supermarket 2) mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya barang tolakan di PT Bimandiri Agro Sedaya 3) mendeskripsikan pengelolaan barang tolakan di PT Bimandiri Agro Sedaya. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan referensi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil kesimpulan dari laporan tugas akhir ini adalah 1) produk yang banyak mengalami penolakan adalah kangkung, caisim, dan tomat, sedangkan produk yang sering mengalami penolakan adalah sawi putih, caisim, bayam, selada kepala dan kangkung. Produk yang banyak dan sering mengalami penolakan merupakan jenis sayuran berdaun yang memiliki sifat mudah rusak. 2) empat faktor yang menyebabkan adanya barang tolakan diantaranya adalah produk cacat, kelebihan dan kekurangan pengiriman, kesalahan spesifikasi, dan kesalahan input. Faktor-faktor tersebut diakibatkan karena karyawan kurang teliti dalam melakukan pekerjaan dan kurang paham tentang Standard Operational Prosedure (SOP) perusahaan 3) pengelolaan pertama yang dilakukan perusahaan adalah dengan cara pengemasan ulang terhadap produk yang layak dan yang tergolong dalam standar supermarket. Sayuran yang dapat di kemas ulang adalah sawi putih, dengan cara pemangkasan atau trimming dan dapat dikemas ulang menggunakan plastik wrapping. Pengelolaan kedua yang dilakukan oleh perusahaan adalah penjualan langsung ke pasar tradisonal, dan restouran. Pengelolaan yang ke tiga perusahaan melakukan pengolahan menjadikan sayuran pack seperti sayur lodeh, sayur asem, dan sayur soup selain sayuran pack perusahaan juga melakukan pengelolaan pada rempah-rempah yang dikemas menjadi rempah-rempah pack. Pengelolaan keempat perusahaan tidak melakukan pengolahan (dijadikan sampah) jenis sayurannya adalah sayuran daun seperti kangkung, caisim, bayam dan lainlain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: mrs Retno Triastika
Date Deposited: 28 Feb 2021 11:17
Last Modified: 28 Feb 2021 11:17
URI: http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/760

Actions (login required)

View Item View Item