TA : ANALISIS NILAI TAMBAH MIXED SALAD DI PT SAYURAN SIAP SAJI BOGOR JAWA BARAT

Dewi, Lita Viviana (2020) TA : ANALISIS NILAI TAMBAH MIXED SALAD DI PT SAYURAN SIAP SAJI BOGOR JAWA BARAT. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.

[img] Text
TA LITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)

Abstract

Selada merupakan salah satu komoditas yang dijadikan salah satu jenis produk utama di PT Sayuran Siap Saji. Selada memiliki sifat yang kurang menguntungkan yaitu mudah rusak. Selada banyak diminati untuk dikonsumsi dalam keadaan segar, oleh karena itu penanganan produk untuk menghasilkan selada dalam keadaan segar adalah dengan mengembangkan produk selada menjadi mixed salad. Pengembangan selada menjadi mixed salad dapat meningkatkan nilai tambah. Laporan tugas akhir yang berjudul Analisis Nilai Tambah Mixed Salad di PT Sayuran Siap Saji Bogor Jawa Barat bertujuan 1) mendeskripsikan proses produksi mixed salad di PT Sayuran Siap Saji, 2) menganalisis nilai tambah mixed salad di PT Sayuran Siap Saji. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan partisipasi aktif dengan informan bagian produksi dan bagian pemasaran. Metode analisis data menggunakan metode kualitatif yang digunakan untuk memberikan gambaran proses produksi mixed salad, dan metode kuantitatif yang digunakan untuk menganalisis biaya, penerimaan, keuntungan dan nilai tambah dalam setiap produk mixed salad. Laporan tugas akhir menghasilkan kesimpulan yaitu 1) proses produksi mixed salad yang dilakukan PT Sayuran Siap Saji sudah baik dalam mempertahankan kualitas produk. Proses produksi yang dilakukan meliputi penerimaan, sortasi, pemotongan, pencucian, perebusan, penirisan dan pengemasan. 2) nilai tambah yang didapatkan produk mixed salad sebesar Rp 7.506,469, dengan rasio nilai tambah sebesar 63,43%, setiap Rp 100 mengandung nilai tambah sebesar Rp 63,43. Tenaga kerja memiliki bagian imbalan sebesar Rp 213,2653 per pack mixed salad. Keuntungan yang diperoleh perusahaan dalam menghasilkan produk mixed salad tinggi, keuntungan yang diperoleh yaitu sebesar Rp 7.293,204 per pack, dengan persentase keuntungan adalah sebesar 61,63%. Keuntungan perusahaan atas jasa produksi mixed salad yaitu 68,587%. Nilai tambah selada keriting hijau jenis produk mixed salad memberikan keuntungan yang maksimal kepada perusahaan. Sumbangan input lain memiliki presentase 29% dengan penambahan nilai produk sebesar Rp 3.127 / pack. Analisis nilai tambah mixed salad menunjukkan bahwa semakin besar nilai tambah yang diberikan pada suatu produk maka semakin besar keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: mrs Retno Triastika
Date Deposited: 26 Feb 2021 04:59
Last Modified: 26 Feb 2021 04:59
URI: http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/718

Actions (login required)

View Item View Item