TA : STRATEGI PROMOSI PENJUALAN KERIPIK PISANG DI PD AROMA SEJATI

Sunandar, Agus (2020) TA : STRATEGI PROMOSI PENJUALAN KERIPIK PISANG DI PD AROMA SEJATI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.

[img] Text
16751070 (TA Agus Sunandar) .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
16751070 (KTI Agus Sunandar) .pdf

Download (208kB)

Abstract

PD Aroma Sejati adalah perusahaan dagang yang bergerak dibidang produksi dan penjualan keripik pisang. PD Aroma sejati memiliki Wilayah pemasaran meliputi Lampung, Jabodetabek, Palembang dan Pekan Baru. Disamping pemasaran konvensional, juga memasarkan produk ke salah satu jaringan perusahaan retail terbesar di Indonesia, khusus untuk produk unggulan yaitu Keripik Pisang Muli, namun seiring berjalannya waktu peningkatan UMKM di Indonesia dan Bandar Lampung semakin signifikan membuat persaingan usaha diantara PD Aroma Sejati dengan UMKM lain semakin ketat. Berdasarkan data penjualan tahun 2011-2018, penjualan produk PD Aroma Sejati mengalami penurunan, sehingga PD Aroma Sejati dituntut untuk melakukan promosi penjualan produk mereka secara intensif demi meningkatkan penjualan produk keripik pisang yang mereka produksi. PD Aroma Sejati memiliki prospek penjualan keripik pisang yang sangat baik hal tersebut dapat dibuktikan dengan peningkatan hasil penjual produk yang sangat signifikan pada tahun 2011 sampai tahun 2014, namun PD Aroma Sejati meski mampu bertahan dalam menjual produknya dari tahun 1986 hingga saat ini dan mampu bersaing dengan UMKM yang sejenis, namun penjualan produk yang dihasilkan mengalami penurunan sejak tahun 2015 sampai 2018. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan semakin banyaknya UMKM atau pesaing-pesaing yang bermunculan dan kurangnya pembaharuan inovasi promosi. PD Aroma Sejati lebih berfokus pada sistem penjualan konsinyasi yaitu sistem penjualan dengan menitipkan barang kepada gerai atau toko-toko yang menjual oleh-oleh khas Lampung. PD Aroma Sejati belum mampu memaksimalkan penjualan secara online, dimana penjualan secara online seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi semakin diminati oleh semua kalangan masyarakat yang ada di Indonesia. Tujuan dari tugas akhir ini yaitu mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pada PD Aroma Sejati dan menganalisis strategi promosi yang dapat diterapkan pada PD Aroma Sejati dengan menggunakan metode analisis SWOT. PD Aroma Sejati memiliki kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang masing-masing terdiri dari: (1) Kekuatan (sterength) yaitu Memiliki merk, peralatan produksi modern, kelengkapan surat perizinan, dan menjadi binaan Bank Indonesia. (2) Kelemahan (weakness) yaitu jumlah karyawan penjualan kurang, dan hanya memiliki 1 outlet penjualan. (3) Peluang (opportunity) yaitu Pasar modern, ekspor, rest area tol Sumatera, market place, dan media sosial. (4) Ancaman (threat) yaitu UMKM lain (pesaing), dan pergeseran pola konsumsi konsumen. Strategi promosi penjualan yang dapat diterapkan pada PD Aroma Sejati dibagi menjadi 4 yaitu : Strategi promosi kekuatan terhadap peluang (S-O), Strategi promosi kekuatan terhadap ancaman (S-T), Strategi promosi kelemahan terhadap peluang (W-O), dan Strategi promosi kelemahan terhadap ancaman (W-T)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: > Prodi Agibisnis
> Prodi Agibisnis
Depositing User: mrs Retno Triastika
Date Deposited: 19 Feb 2021 07:52
Last Modified: 19 Feb 2021 07:52
URI: http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/672

Actions (login required)

View Item View Item