APLIKASI HANDLING CUSTOMER COMPLAINT BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER PADA PGN COM RO LAMPUNG

Prima, Rissya Mutya and Saputra, Kurniawan and Asrowardi, Imam (2019) APLIKASI HANDLING CUSTOMER COMPLAINT BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER PADA PGN COM RO LAMPUNG. Karya Ilmiah Mahasiswa.

[img] Text
KARYA ILMIAH- Rissa.pdf

Download (890kB)

Abstract

PGN COM memiliki berbagai divisi salah satunya divisi FOTS yang melakukan penanganan terhadap keluhan pelanggan, sebagai salah satu pelayanan yang diberikan PGN COM RO Lampung selain kualitas internet yang stabil. pelanggan menghubungi Kepala Divisi FOTS melalui telepon, kemudian Kepala Divisi FOTS memeriksa apakah keluhan perlu diselesaikan dengan datang ke lapangan atau bisa melalui sistem yang ada di kantor. Pada saat pengajuan keluhan, tidak tersedia sistem yang mendata keluhan masuk dari pelanggan, sehingga tidak adanya data rekam jejak keluhan pelanggan. Setelah pemeriksaan lapangan dilakukan, tidak tersedianya sistem untuk melakukan konfirmasi oleh pelanggan bahwa keluhan pelanggan telah. Tidak hanya itu, belum tersedianya monitoring menyebabkan pelanggan, Kepala Divisi FOTS, dan Kepala RO tidak dapat meninjau proses penanganan keluhan. Proses pengajuan validasi laporan kerja dilakukan setiap rapat mingguan sehingga membutuhkan waktu satu minggu, menyebabkan Kepala RO tidak mendapatkan data laporan kerja secara realtime. Berdasarkan permasalahan tersebut, yaitu dengan membangun “Aplikasi Handling Customer Complaint Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter Pada PGN COM RO Lampung”. Aplikasi penanganan keluhan pelanggan tersebut dibuat dengan menggunakan Hypertext Preprocessor (PHP), Framework Codeigniter, dan pemodelan rancangan menggunakan Undefined Modelling Language (UML), serta didukung MySQL sebagai basis data. Aplikasi penanganan keluhan pelanggan ini dikembangkan menggunakan metode Rapid Aplication Development (RAD) dan diuji dengan black-box testing. Hasil dari perancangan aplikasi ini yaitu tersedianya aplikasi yang mampu menangani proses bisnis penangan keluhan pelanggan yang efisien, memiliki monitoring bagi pengguna, dan data laporan kerja realtime. Kata Kunci : aplikasi, customer complaint, RAD, UML.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: > Prodi Manajemen Informatika
> Prodi Manajemen Informatika
Depositing User: Mr Wanto Wiyadi
Date Deposited: 12 Feb 2020 03:18
Last Modified: 12 Feb 2020 03:18
URI: http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/591

Actions (login required)

View Item View Item