SKRIPSI : LEMBAGA PEMASARAN BERAS DI KABUPATEN TANGGAMUS

Fadilah, Suci (2023) SKRIPSI : LEMBAGA PEMASARAN BERAS DI KABUPATEN TANGGAMUS. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.

[img] Text
Cover_Suci Fadilah_18754027.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Ringkasan_Sucifadilah_18754027.pdf

Download (281kB)
[img] Text
Bab1_2_Sucifadilah_18754027.pdf

Download (687kB)
[img] Text
DaftarPustaka_SuciFadilah_18754027.pdf

Download (298kB)
[img] Text
fullteksTA_SuciFadilah_18754027.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BebasPlagiarisme_SuciFadilah_18754027.pdf

Download (37kB)

Abstract

Distribusi pemasaran menggambarkan rantai distribusi suatu komoditas dari produsen ke konsumen akhir hingga pada suatu wilayah yang melibatkan suatu kegiatan perdagangan. Semakin banyaknya pelaku kegiatan pemasaran yang terlibat maka akan semakin berpotensi panjangnya rantai distribusi pemasaran dan dapat mengakibatkan kenaikan harga ditingkat konsumen maka dibutuhkan metode pemasaran. Selain itu lembaga pemasaran yang terlibat juga mempengaruhi harga yang akan diterima oleh para produsen. Semakin banyak lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran hasil produksi maka semakin rendah harga yang akan diterima oleh para produsen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan saluran pemasaran dan menganalisis pelaku dalam lembaga pemasaran yang ada di Kabupaten Tanggamus. Pengambilan sampel ditentukan dengan metode bola salju (snow ball sampling). Informan lembaga pemasaran dalam penelitian ini yaitu terdiri dari 35 informan produsen, 30 informan agen dan 35 informan pedagang pengecer. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 3 saluran pemasaran di Kabupaten Tanggamus yaitu: 1. Saluran I : Produsen – Konsumen, 2. Saluran II :Produsen - Agen – Konsumen, 3. Saluran III : Produsen - Agen - Pedagang Pengecer – Konsumen. Pelaku dalam lembaga pemasaran yang ada di Kabupaten Tanggamus terdiri dari, produsen, agen, pedagang pengecer dan konsumen. Produsen ialah petani yang menjual berasnya kepada agen ataupun langsung kepada konsumen. Agen adalah pedagang pengumpul dan pabrik beras yang mengumpulkan beras dari produsen (petani), yang nantinya akan di jual kembali kepada pedagang pengecer ataupun langsung kepada konsumen. Pedagang pengecer adalah pedagang yang menjual barang yang dijualnya langsung kepada pemakai akhir atau konsumen akhir dengan jumlah satuan atau eceran. Konsumen yang di maksud dalam penelitian ini adalah orang yang membeli dan mengkonsumsi beras di Kabupaten Tanggamus

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D4 Prodi Agribisnis Pangan
Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D4 Prodi Agribisnis Pangan
Depositing User: mrs Retno Triastika
Date Deposited: 09 Oct 2023 07:28
Last Modified: 09 Oct 2023 07:28
URI: http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/4110

Actions (login required)

View Item View Item