TA : STRATEGI BAURAN PEMASARAN PAKET WISATA DI ALWAYS TOUR, YOGYAKARTA

Faidah, Tita Nur (2022) TA : STRATEGI BAURAN PEMASARAN PAKET WISATA DI ALWAYS TOUR, YOGYAKARTA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.

[img] Text
Cover_TitaNurFaidah_19756026 - Tita Nur Faidah.pdf

Download (28kB)
[img] Text
Ringkasan_TitaNurFaidah_19756026 - Tita Nur Faidah.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB1_2_TitaNurFaidah_19756026 - Tita Nur Faidah.pdf

Download (170kB)
[img] Text
DaftarPustaka_TitaNurFaidah_19756026 - Tita Nur Faidah.pdf

Download (144kB)
[img] Text
FullTeks_TitaNurFaidah_19756026 - Tita Nur Faidah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BebasPlagiarisme_TitaNurFaidah_19756026 - Tita Nur Faidah.pdf

Download (248kB)

Abstract

Always Tour atau CV Alzara Wisata Yaswirya Yogyakarta merupakan salah satu agenperjalananwisatadi Yogyakarta. Always Tour memiliki produk diantaranya, MICE (Meeting, Incentive, Conference and Exhibition), ticket booking (hotel, pesawat, kerta api, dan travel), dan paket wisata. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya strategi bauran pemasaran paket wisata sebagai produk unggulan yang disetiap variabel bauran pemasarannya memiliki faktor pendukung dan penghambat.Penyusunan tugas akhir ini bertujuan untuk 1) menjelaskan strategi bauran pemasaran yang digunakan di Always Tour, 2) menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam prosesstrategi bauran pemasaran di Always Tour, 3) menjelaskan solusi mengatasi faktor penghambat dalam proses strategi bauran pemasaran di AlwaysTour. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi, dan studi literatur. Data yang ditemukan dalam penelitian ini dikelompokkan ke dalam data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melakukan pemasarannya Always Tour menerapkan strategi bauran pemasaran yang terdiri atas 7P yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process. Setiap elemen bauran pemasaran yang dilakukan Always Tour dapat dipaparkan sebagai berikut: 1) produk berupa paket wisata, 2) harga yang dapat disesuaikan, 3) tempat pemasaran yang berada di area Yogyakarta sebagai daerah tujuan wisata, 4) promosi secara on-line dan off-line, 5) karyawan yang berkompeten, 6) memiliki fasilitas kerja dan seragam khusus, dan 7) proses pelayanan yang terarah. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa di setiap elemen bauran pemasaran yang dilakukan Always Tour memiliki faktor pendukung dan faktor penghambat. Beberapa faktor pendukung diantaranya: 1) memiliki 2 produk, 2) harga dapat disesuaikan, 3) lokasi di kota wisata, 4) promosioffline berjalan baik, 5) karyawan berkompeten, 6) memiliki kantor untuk oprasional kerja, 7) proses pelayanan terarah. Selain itu, Always Tour juga memiliki faktor penghambat diantaranya: 1) produk kurang update, 2) harga pesaing lebih murah, 3) lokasi kantor kurang strategis, 4) promosi online kurang konsisten, 5) kurangnya karyawan, 6) kantor tergabung dengan kegiatan rumah tangga, dan 7) proses pelayanan offline kurang berjalan. Namun, setiap faktor penghambat yang dihadapi Always Tour telah diupayakan dengan berbagai alternatif solusi untuk mengatasinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D3 Prodi Perjalanan Wisata
Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D3 Prodi Perjalanan Wisata
Depositing User: mrs Retno Triastika
Date Deposited: 16 Feb 2023 01:39
Last Modified: 16 Feb 2023 01:39
URI: http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/3557

Actions (login required)

View Item View Item