TA : DISTRIBUSI DAN MARGIN PEMASARAN TELUR AYAM RAS PADA USAHA PETERNAKAN CV GUNUNG HARTA FARM

Putri, Riski Rahma (2022) TA : DISTRIBUSI DAN MARGIN PEMASARAN TELUR AYAM RAS PADA USAHA PETERNAKAN CV GUNUNG HARTA FARM. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.

[img] Text
COVER (RISKI RAHMA PUTRI 19751056) - Riski Rahma Putri.pdf

Download (204kB)
[img] Text
ABSTRAK (RISKI RAHMA PUTRI 1971056) - Riski Rahma Putri.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB 1-2 (RISKI RAHMA PUTRI 19751056) - Riski Rahma Putri.pdf

Download (689kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (RISKI RAHMA PUTRI 19751056) - Riski Rahma Putri.pdf

Download (278kB)
[img] Text
FULL TEXT (RISKI RAHMA PUTRI 19751056) - Riski Rahma Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Riski Rahma Putri 19751056 - Riski Rahma Putri.pdf

Download (262kB)

Abstract

CV Gunung Harta Farm merupakan salah satu perusahaan perseorangan yang bergerak di bidang peternakan, khususnya dalam pengembangan ayam ras petelur. CV Gunung Harta Farm melaksanakan kegiatan distribusi melalui peternak/produsen, pedagang besar, pedagang eceran/pedagang pasar sampai ke konsumen. Banyaknya saluran distribusi pemasaran telur ayam di CV Gunung Harta Farm memerlukan suatu analisis lebih lanjut saluran manakah yang memberikan keuntungan terbesar. Efisien tidaknya kegiatan distribusi telur ayam ras dapat diketahui dengan melihat perbandingan antara biaya pemasaran dan harga yang diberikan lembaga pemasaran kepada konsumen atau harga beli telur ayam oleh konsumen. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk (1) mengidentifikasi saluran distribusi telur ayam ras di CV Gunung Harta Farm, (2) mengidentifikasi fungsi pemasaran telur ayam di CV Gunung Harta Farm dan (3) menganalisis efisiensi pemasaran telur ayam ras di CV Gunung Harta Farm. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan indikator margin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan dan biaya. Hasil dan Pembahasan dari Laporan Tugas Akhir ini adalah saluran distribusi telur ayam ras yang terbentuk di CV Gunung Harta Farm terdiri dari 3 saluran distribusi yaitu (1) peternak, pedagang besar, pedagang pengecer, dan konsumen, (2) peternak, pedagang pengecer dan konsumen (3) peternak langsung ke konsumen. Fungsi pada setiap lembaga pemasaran yang terlibat yaitu pedagang besar membeli telur ayam langsung dari peternak. Kemudian menjuallnya kembali ke pedagang pengecer. Pedagang pengecer menjual langsung ke konsumen untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. 7 Berdasarkan analisis margin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan terhadap biaya maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut : nilai margin pada saluran distribusi I sebesar Rp4.000, margin pada saluran distribusi II sebesar Rp1.500 dan margin saluran distribusi III Rp6.800. Analisis efisiensi menunjukan pada nilai farmer share saluran distribusi I sebesar 86,21%, saluran distribusi II sebesar 94,74%, dan saluran distribusi III sebesar 100%. Hal ini menyatakan bahwa ketiga saluran distribusi telur ayam ras di CV Gunung Harta Farm sudah efisien. Berdasarkan tinggi rendahnya margin pemasaran saluran distribusi III merupakan saluran distribusi yang efisien dari segi ekonomis/harga sedangkan jika dilihat dari segi efisiensi operasional saluran distribusi I adalah saluran yang efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D3 Prodi Agibisnis
Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D3 Prodi Agibisnis
Depositing User: mrs Retno Triastika
Date Deposited: 16 Dec 2022 04:44
Last Modified: 16 Dec 2022 04:44
URI: http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/3198

Actions (login required)

View Item View Item