SKRIPSI : TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGONSUMSI PRODUK MINUMAN KOPI BERDASARKAN ATRIBUT PRODUK

Febrianingsih, Dian (2022) SKRIPSI : TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGONSUMSI PRODUK MINUMAN KOPI BERDASARKAN ATRIBUT PRODUK. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.

[img] Text
Cover - Dian Febrianingsih.pdf

Download (45kB)
[img] Text
Abstrak - Dian Febrianingsih.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB I dan II - Dian Febrianingsih.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Dian Febrianingsih.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Dian Febrianingsih FULL Teks-18754014 - Dian Febrianingsih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Surat Pernyataan Orisinalitas dan Cek Turnitin - Dian Febrianingsih.pdf

Download (184kB)

Abstract

Maraknya kedai kopi di Bandar Lampung menyebabkan masyarakat memiliki banyak pilihan yang sesuai dengan keinginan masyarakat. Hal ini menyebabkan pentingnya mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut-atribut minuman olahan kopi di Kota Bandar Lampung agar usahanya menjadi pilihan para konsumen. Salah satu kedai kopi yang bertahan dalam pesatnya perkembangan bisnis kedai kopi di Bandar Lampung adalah KL Coffee. Tugas akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen KL Coffee, menganalisis tingkat kepuasan dan rekomendasi prioritas perbaikan KL Coffee, serta untuk mengetahui loyalitas konsumen KL Coffee. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Accidental Sampling. Responden dalam penelitian ini berjumlah 52 responden. Pengumpulan data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner dan melakukan wawancara, observasi, dan studi literatur yang dilakukan selama 6 bulan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA), dan Net Promoter Score (NPS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik responden KL Coffee sebanyak 78,85% responden berusia 21 – 25 tahun, didominasi oleh konsumen berjenis kelamin perempuan sebanyak 61,54% responden, sebanyak 88,46% responden belum menikah, sebanyak 50% responden berpendidikan terakhir D4/S1, dengan 46,15% responden memiliki uang saku/pendapatan per bulan sebanyak Rp 500.000 – Rp 2.500.000, serta beranggotakan keluarga 1 – 4 orang sebanyak 50% responden dan 5 – 8 orang sebanyak 50% responden. Hasil analisis menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan adalah sebesar 87,80% yang termasuk ke dalam kategori sangat puas. Rekomendasi perbaikan untuk KL Coffee adalah instrumen-instrumen yang berada pada kuadran I diagram kartesius analisis Importance Performance Analysis (IPA) diantaranya ada 4 instrumen yaitu konsumen berharap bahwa harga produk yang ditawarkan KL Coffee relatif terjangkau dan sesuai dengan kualitasnya, konsumen berharap bahwa produk yang disajikan memiliki penampilan yang menarik serta memiliki rasa yang stabil dalam setiap penyajiannya. Hasil perhitungan Net Promoter Score (NPS) didapatkan hasil sebesar 30,77% yang termasuk dalam kategori loyal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D4 Prodi Agribisnis Pangan
Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D4 Prodi Agribisnis Pangan
Depositing User: mrs Retno Triastika
Date Deposited: 14 Dec 2022 01:53
Last Modified: 14 Dec 2022 01:53
URI: http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/2860

Actions (login required)

View Item View Item