TA : STRATEGI BAURAN PEMASARAN SAYURAN ORGANIK DI FAM ORGANIC PARONGPONG

Gustiawan, Ahmad Dani (2021) TA : STRATEGI BAURAN PEMASARAN SAYURAN ORGANIK DI FAM ORGANIC PARONGPONG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.

[img] Text
file cover Ahmaddanigustiawan-17751055 - Ahmad Dani.pdf

Download (64kB)
[img] Text
Abstrak Ahmad Dani.pdf

Download (6kB)
[img] Text
file BAB I dan BAB II ahmaddanigustiawan-17751055 - Ahmad Dani.pdf

Download (359kB)
[img] Text
Daftar Pustakaa ahmaddanigustiawan-17751055 - Ahmad Dani.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Ahmad Dani Gustiawan Full teks-17751055 - Ahmad Dani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Plagiarisme ahmaddanigustiawan-17751055 - Ahmad Dani.pdf

Download (221kB)

Abstract

Fam Organic Parongpong secara umum telah menerapkan bauran pemasaran dalam penjualan produknya. Bauran pemasaran pada aspek produk (Product) yang disiapkan di Fam Organic Parongpong adalah memproduksi jenis tanaman sayuran organik bawang daun, bayam, romaine, selada hijau, arugula, coriander, horenzo, kalian, kale curly, kale redrussian, kale toscano, lettuce mixed, kale mix, lobak daun, pakcoy, rocket, topacai, swisschard, baby lettuce mixed, baby greens mixed, basil thai, marjoram, oregano, mint, rosemary, thyme, parsley curly, parsley flat, buncis, brokoli, endive, lemongrass. Beberapa permasalahan produksi sayuran organik di Fam Organic Parongpong, pada tanaman yang memiliki batang yang mudah patah, sehingga diperlukan perlakuan khusus dalam pemanenan untuk mengurangi kerusakan produk. Pengemasan menggunakan plastik tebal yang bertujuan untuk menjaga kesegaran produuk dan mencegah agar produk tetap aman atau tidak rusak yang berlabel Famo (Fam Organic Parongpong). Permasalahan pada harga (Price), yaitu harga yang ditawarkan terbilang tinggi, dikarenakan produk sayuran organik dibudidayakan dengan menggunakan bahan-bahan alami dan tidak memakai Zat kimia yang harus benar�benar maksimal untuk dapat menumbuhkan sayuran terbaik. Permasalahan dalam tempat (Place), Fam Organic Parongpong telah melakukan kerja sama dengan supermarket/swalayan yang berada di daerah Bandung yaitu supermarket Papaya dan Setia Budi, budidaya dengan lokasi packing cukup jauh sehingga kurang efisien waktu dalam melakukan proses packaging. Permasalahan dalam strategi promosi (Promotion) Fam Organic Parongpong menjual produknya dengan bekerja sama di store/swalayan yang berada di daerah Bandung. Fam Organic Parongpong juga melakukan promosi melalui beberapa media sosial seperti Instagram, Facebook dan Web. Promosi melalui media sosial dilakukan karena kemudahannya untuk di akses kapan saja dan oleh siapa saja, selain itu promosi melalui media sosial dinilai efektif, efisien, murah dan mudah dikelola dibandingkan media promosi lainnya. Menganalisis Bauran pemasaran Sayuran Organik di Fam Organic Parongpong. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, serta berperan aktif dalam melakukan budidaya dan pemasaran di Fam Organic Parongpong. Identifikasi Strategi pemasaran menggunakan Strategi Bauran pemasaran (Marketing Mix). Kesimpulan dari permasalahan bauran pemasaran di fam organik yaitu dengan cara melakukan perbaikan Strategi produk yang diinginkan yaitu pada saat proses pemanenan sayuran organik lebih teliti hal itu untuk mengurangi kerusakan sayuran organik yang siap dipasarkan, strategi harga yang di tetapkan oleh Fam Organic Parongpong agar lebih meminimalisirkan harga yang telah ditetapkan, tetapi tidak mengurangi kualitas, kehigenisan, dan kesegaran produk saat dipasarkan sehingga banyak masyarakat yang berminat membeli produk tersebut karena harga terjangkau dan juga sehat, menambah kerja sama dalam memasarkan produknya, sehingga lebih optimal dalam memperkenalkan produk sayuran organik yang berlabel Fam Organic Parongpoong ke supermarket baru dengan cara melakukan promosi, perbaikan proses promosi yang seharusnya dilakukan oleh Fam Organic Parongpong yaitu dengan cara bekerjasama dengan Dinas Pertanian untuk mempermudah pemasaran produk. Promosi lain yang harus dilakukan di Fam Organic Parongpong yaitu melalui pameran. Hasil analisis dari strategi bauran pemasaran dapat dilakukan untuk perbaikan hasil produksi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D3 Prodi Agibisnis
Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D3 Prodi Agibisnis
Depositing User: mrs Retno Triastika
Date Deposited: 27 Apr 2022 03:51
Last Modified: 27 Apr 2022 03:51
URI: http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/2217

Actions (login required)

View Item View Item