TA : EFISIENSI PEMASARAN PEPAYA CALIFORNIA (Carica papaya L) DI KECAMATAN SUMBEREJO KABUPATEN TANGGAMUS

Ramadhanty, Fidya Chaesar (2021) TA : EFISIENSI PEMASARAN PEPAYA CALIFORNIA (Carica papaya L) DI KECAMATAN SUMBEREJO KABUPATEN TANGGAMUS. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.

[img] Text
Abstrak_Fidya Chaesar R_16754010 - Fidya Chaesar Ramadhanty.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Bab1&2_Fidya Chaesar R_16754010 - Fidya Chaesar Ramadhanty.pdf

Download (272kB)
[img] Text
Cover_Fidya Chaesar R_16754010 - Fidya Chaesar Ramadhanty.pdf

Download (73kB)
[img] Text
DAPUS_Fidya Chaesar R_16754010 - Fidya Chaesar Ramadhanty.pdf

Download (101kB)
[img] Text
surat pernyataan-dikonversi - Fidya Chaesar Ramadhanty.pdf

Download (53kB)
[img] Text
TA_Fidya Chaesar R_16754010 - Fidya Chaesar Ramadhanty.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Buah-buahan merupakan salah satu produk hortikultura yang banyak digemari masyarakat dan memberikan peranan dalam memenuhi gizi masyarakat. Tanaman pepaya merupakan tanaman yang banyak digemari masyarakat dan para petani untuk dikembangkan menjadi usaha karena keuntungan nya yang cukup besar. Varietas pepaya yang banyak dikembangkan petani adalah jenis varietas pepaya California. Pepaya California merupakan salah satu tanaman buah yang banyak dikembangkan di Indonesia dan mempunyai peluang untuk dijadikan usaha agribisnis. Banyaknya petani yang beralih untuk mengembangkan pepaya California menyebabkan hasil panen yang dihasilkan melimpah. Tujuan penelitian adalah menganalisis saluran pemasaran pepaya California, menganalisis besarnya marjin pemasaran, farmer’s share, dan rasio profit marjin disetiap saluran pemasaran pepaya Califonia, dan menganalisis efisiensi saluran pemasaran pepaya California di Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus. Pengambilan sampel petani menggunakan metode proportional stratified random sampling sehingga diperoleh sampel petani sebanyak 16 orang. Pengambilan sampel pedagang menggunakan metode snowball sampling sehingga diperoleh pedagang pengepul tingkat desa sebanyak 4 orang, pedagang pengepul tingkat kecamatan sebanyak 2 orang dan pedagang besar sebanyak 1 orang. Analisis data yang digunakan yaitu kualitatif untuk menganalisis saluran pemasaran dan kuantitatif untuk menganalisis marjin pemasaran, farmer share’s, rasio profit marjin. Hasil penelitian menunjukkan saluran pemasaran yang terbentuk dalam sistem pemasaran pepaya California ada tiga saluran. Saluran pemasaran I yaitu petani – konsumen. Saluran pemasaran II petani – pedagang pengepul desa – pedagang pengepul provinsi – pedagang pengecer – konsumen. Saluran pemasaran III petani – pedagang pengepul desa – pedagang pengecer – konsumen. Saluran pemasaran I memperoleh marjin pemasaran sebesar Rp 3.500, farmer’s share sebesar 53,33% dan nilai rasio profit marjin sebesar 2,89. Saluran pemasaran II memperoleh nilai marjin sebesar Rp 5.000, farmer’s share 44,44% dan nilai profit marjin sebesar 1,24. Saluran pemasaran III memperoleh Rp 4.000 dengan nilai farmer’s share 46,67% dan nilai profit marjin sebesar 1,56. Efisiensi pemasaran tercapai pada saluran I karena memiliki marjin terkecil yaitu Rp 3.500, dan farmer’s share terbesar yaitu 53,33% dan nilai rasio profit marjin sebesar 2,89. Petani pepaya California lebih banyak memilih saluran pemasaran III karena adanya hubungan sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D3 Prodi Agibisnis
Jurusan Ekonomi dan Bisnis > D3 Prodi Agibisnis
Depositing User: mrs Retno Triastika
Date Deposited: 28 Feb 2022 13:44
Last Modified: 28 Feb 2022 13:44
URI: http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/2100

Actions (login required)

View Item View Item