TA : STRATEGI PEMASARAN BUAH LEMON (Citrus Lemon) DI UD SABILA FARM, SLEMAN, YOGYAKARTA

WILLYANTO, SHANDY (2018) TA : STRATEGI PEMASARAN BUAH LEMON (Citrus Lemon) DI UD SABILA FARM, SLEMAN, YOGYAKARTA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.

[img] Text
SHANDY WILLYANTO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

UD Sabila Farm merupakan usaha dagang yang bergerak di bidang pertanian yang menjual berbagai buah organik. Komoditi buah lemon yang ada di UD Sabila Farm ini merupakan komoditi terbesar ke-2 setelah komoditi buah naga. Proses pemasaran lemon, harus menyesuaikan kualitas dan memerlukan strategi pemasaran yang baik dengan memperhatikan harga, tempat pemasaran, promosi yang dilakukan. Sehubungan dengan itu, strategi pemasaran menjadi salah satu permasalahan yang penting untuk meningkatkan penjualan. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk: (a) mengidentifikasi faktor internal yang menjadi kekuatan serta kelemahan UD Sabila Farm, (b) mengidentifikasi faktor eksternal yang menjadi peluang dan ancaman UD Sabila Farm, (c) menganalisis strategi pemasaran buah lemon di UD Sabila Farm. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara diskusi langsung dengan para staff yang ada di UD Sabila Farm, sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari data yang sudah ada di perusahaan. Tujuan 1 dan 2 untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, dianalisis menggunakan metode kualitatif, sedangkan tujuan 3 untuk menganalisis strategi pemasaran yang ada di UD Sabila Farm, dianalisis menggunakan analisis SWOT. SWOT merupakan alat yang tepat untukv menentukan masalah dari 4 (empat) sisi yang berbeda, aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (Strengths) mampu mengambil keuntungan dari sebuah peluang (Opportunities), kemudian bagaimana cara mengatasi kelemahan (Weaknesses) dengan memanfaatkan peluang (Opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana cara kekuatan (Strengths) mampu menghadapi ancaman (Threats) yang ada, dan yang terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (Weaknesses) dengan memanfaatkan ancaman (Threats) yang muncul. Hasil dan pembahasan Laporan Tugas Akhir ini adalah: (1) diperoleh faktor internal yang menjadi kekuatan serta kelemahan perusahaan, (2) diperoleh faktor eksternal yang menjadi peluang serta ancaman, (3) Analisis SWOT yang dilakukan menghasilkan strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan dan mampu bersaing secara sehat yaitu meningkatkan hubungan kerjasama yang harmonis dengan pelanggan melalui pendekatan, menjaga kualitas dan kuantitas produk (salah satunya dengan memanen lemon setelah ada pesanan dari konsumen), serta memperluas jangkauan pemasaran di luar daerah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: > Prodi Agibisnis
> Prodi Agibisnis
Depositing User: mrs Retno Triastika
Date Deposited: 06 Jun 2021 13:02
Last Modified: 06 Jun 2021 13:02
URI: http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/1881

Actions (login required)

View Item View Item