TA : STRATEGI PEMASARAN BAWANG BOMBAY DENGAN PENDEKATAN SWOT DI PT SAYURAN SIAP SAJI

KUSUMASTUTI, RATIH (2019) TA : STRATEGI PEMASARAN BAWANG BOMBAY DENGAN PENDEKATAN SWOT DI PT SAYURAN SIAP SAJI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Lampung.

[img] Text
Tugas Akhir Ratih Kusumastuti 15751101.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Bawang bombay merupakan tanaman pada musim kemarau yang berarti tanaman musiman. Tanaman bawang bombay sampai saat ini belum banyak yang berhasil membudidayakan dengan baik, sehingga pemasaran bawang bombay masih cukup sulit dan harga yang ditawarkan cukup tinggi. Pemasaran merupakan pendistribusian barang dan penetapan harga yang telah dibuat untuk mencapai suatu tujuan, sehingga bawang bombay membutuhkan penanganan saat pengemasan yang baik agar barang tetap segar dan bagus. Tujuan penulis adalah mengidentifikasi proses pemasaran bawang bombay di PT Sayuran Siap Saji dan menganalisis strategi pemasaran bawang bombay dengan menggunakan SWOT di PT Sayuran Siap Saji. Teknik yang dipakai menggunakan metode SWOT yang sesuai untuk mengetahui kelemahan, ancaman, dan kekuatan pada perusahaan. Data yang digunakan ada 2 jenis data yaitu data kuantitatif dan kualitatif yang didapat dari pengamatan langsung. Strategi pemasaran PT. Sayuran Siap Saji meliputi persediaan produk, produk yang dihasilkan pada perusahaan memiliki 3 jenis yaitu fress cut, whole, dan mix salad, kemudian harga yang ditawarkan kepada konsumen adalah Rp11.500/kg hingga Rp25.000/kg, selanjutnya yaitu promosi yang digunakan pada perusahaan hanya promosi menggunakan personal selling artinya promosi secara langsung kepada konsumen tanpa ada promosi yang lain, dan terakhir adalah saluran distribusi yang digunakan oleh perusahaan adalah saluran distribusi secara langsung kepada konsumen tanpa ada perantara. Proses pemasaran pada PT Sayuran Siap Saji memiliki segmentasi pasar, target pasar, serta posisi pasar. PT Sayuran Siap Saji memiliki segmentasi pasar yang ditujukan kepada konsumen kalangan kelas menengah, kemudian memiliki target pasar yang ditujukan dikota besar dan target pelanggan dari umur 6 tahun hingga lanjut usia, serta posisi pasar yang mudah membangun kepercayaan kepada konsumen. PT Sayuran Siap Saji memiliki nilai atau bobot rating pada kekuatan sebesar 5,554, kemudian kelemahan sebesar 3,938, lalu peluang sebesar 5,000, dan ancaman sebesar 4,050.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: mrs Retno Triastika
Date Deposited: 21 Apr 2021 02:34
Last Modified: 21 Apr 2021 02:34
URI: http://repository.polinela.ac.id/id/eprint/1208

Actions (login required)

View Item View Item